Senin, 27 Februari 2012

Hoping All the Best

Saat-saat menegangkan dalam perjalanan perkuliahanku,menjalani Proyek Akhir atau PA yang menentukan keberhasilan kuliahku selama ini. Langkah awalnya dimulai dari "SEMINAR", bukan seminar biasa tentunya karena ini adalah gerbang awal menuju kelancaran proyek akhir yang diakhiri dengan wisuda nanti. Seminar yang juga bagian dari penilaian proyek akhir yang aku jalankan. Gerbang penentu menurutku, karena jika awalnya sudah diberikan kemudahan dan kelancaran maka Insya Allah akan diakhiri juga dengan kemudahan dan kelancaran. Maka aku berjuang dan berusaha sekuat tenaga menjalankannya, berharap pertolongan dan bantuan dari Tuhan Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang senantiasa tercurah pada hamba-Nya yang mau berusaha. Tidak ada kata menyerah, tidak ada lagi kata malas, yang ada hanya asa perjuangan dan bait-bait doa yang selalu dituturkan.

"Allah, Sang Maha Pencipta, Sang Maha Kuasa, Sang Maha Pemberi Rahmat, segala usaha aku lakukan demi mencapai cita-citaku, demi kebahagiaanku dan orang tuaku, demi pendidikan yang aku tempuh, setiap doa aku panjatkan hanya pada-Mu, namun semua keputusan ada dalam genggaman-Mu. Engkau yang menentukan baik dan buruk kehidupanku, Engkau yang mengetahui jalan baik dan buruk yang harus aku lewati, berikanlah pertolongan-Mu, Rahmat-Mu, Karunia-Mu, Rizki-Mu yang terbaik dalam hidupku. Karena hanya Engkau yang Maha Memberi dan hanya Engkau yang paling Bijaksana. aamiin"

Kamis, 16 Februari 2012

What are you drawing?

Sedihnya hari ini. Karena dianggap gak jelas. hiks..
Lucunya juga, niatnya mau ngajarin tentang gradasi warna, eh ternyata yang diajarin malah gak ngerti..hehe
Salah satu kesibukanku saat ini adalah mengajar tentang komputer di salah satu sekolah dasar Islam terpadu. Murid-muridku yang memang usianya kisaran 8-11 tahun ini emang lagi masa-masanya banyak nanya plus sok pinter gitu, padahal kenyataannya mereka masih harus sering diarahin. hahaha Makanya gak jarang jadi kebawa 'esmosi' juga kalo udah ditanya-tanya segala macem pertanyaan yang intinya sama, tapi tetep minta jawaban juga. Kadang ngerasa lelah banget kalo udah kaya gitu. Tapi kadang sadar diri juga ceh, namanya juga anak-anak, ya emang udah bawaannya dari sono sifatnya yang kayak begitu.
Kayak hari ini neh, dari pagi sebelum berangkat ngajar udah persiapan dulu tentang materi apa yang nanti mau diajarin sama mereka. Aku liat-liat buku dan pelajari apa yang harusnya diajarkan. Maka diputuskanlah untuk mengajarkan tentang warna-warninya sejuta warna lewat gambar bintang. Sayangnya gambar yang diajarin justru emang sedikit abstrak, namanya anak seni ya, pengennya kan yang unik gitu. Gambar kayak gini neh yang diajarin pake tools paint yang udah dikasih sama windows.

Bintang abstrak
Eh, malah muridku masih tanya juga :

"Teteh, bikin gambar apa sih sebenernya?"
"Oh, gambar bintang ya?"
"Wah, gambarnya bagus ya?"
"Kok aneh sih teh gambarnya?"
"Gimana seh bikinnya?"
"Kayak gini bukan? terus gimana lagi?"

Yah, masih banyak bangetlah pertanyaan yang keluar dari mulut-mulut kecil mereka, yang kalo udah diomongin malah bikin dampak yang besar. Bikin miris gan.. hiks T_T
Padahal ya, gambar itu sebenernya mereka sendiri yang gambar masing-masing, mereka sendiri juga yang kasih warna secara bebas. Aku cuma ngasih petunjuk cara bikinnya dari awal sampai akhir. Oh, it is so unbelieveble, murid-muridku itu sedikit sekali daya imajinasinya. Untuk milih warna aja mereka bingung setengah mati. Malah ada yang sampai berkaca-kaca juga matanya. Entah karena gak bisa dan gak ngerti cara bikinnya, atau malah karena takut ditinggal sama jemputannya. So pity me :(
Pengalaman yang sungguh menakjubkan, menghadapi murid-murid kecilku rasanya ingin kembali ke masa kecilku dulu lagi. I wanna be a little girl.
Sedikit pelajaran yang bisa aku ajarkan ke mereka, semoga bisa menjadi bekal di kemudian hari. aamiin
Love you all my little students..

Selasa, 14 Februari 2012

This is My Choice

Tiada ucapan lain yang bisa aku katakan selain Alhamdulillah. Why?? Because I make some decision in my life. "I will never eat meat anymore, except seafood". 

All about meat
 Keputusan yang very difficult for me of course, but it's my choice. Bersyukurnya karena mamah dukung aku untuk menjalankan misiku itu. Mulai sekarang aku cuma makan sayur dan ikan, makanan yang paling banyak mengandung protein dan vitamin yang bagus buat tubuh kan?
Keputusan ini sebenarnya udah lama mau dijalanin, tapi godaannya dateng dari kanan dan kiri, depan plus belakang, atas-bawah, pokonya dari segala penjuru deh selalu godain aku buat makan daging terus. Sampai akhirnya sekarang aku mulai bosen sendiri dengan yang namanya daging. Soalnya hampir tiap hari dikasih makannya dagiiing terus. Tapi bukan karena pengen ngurusin badan atau bahasa gaulnya 'diet' gitu. Melainkan emang buat kesehatan aja. Gak cuma buat badan tapi juga buat kulitku yang malang, yang maunya serba sehat dan alami.
Hmmm.. semoga this choice is better for my life. And nothing bad will happen in my life after this.
Semoga Allah selalu bersamaku dalam menjalani semua ini..aamiinn

Jumat, 10 Februari 2012

Be a Natural Beauty

Ada banyak macam cara untuk mempercantik kulit wajah. Dan setiap orang punya caranya masing-masing. Bagi mereka yang memiliki budget yang lebih biasanya akan menyempatkan waktu untuk pergi ke salon dan spa. Tapi bagi mereka yang punya budget pas-pasan, biasanya lebih memilih membeli kosmetik yang bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sayangnya, terlalu sering menggunakan kosmetik berbahan kimia juga gak baik lho untuk kulit cantik kita. Ada cara yang lebih praktis dan hemat untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang indah. Caranya dengan rutin maskeran buah-buahan.
Buah mengandung vitamin yang berguna meremajakan kulit wajah. Selain aman, perawatan dengan buah juga murah meriah.

Ini dia beberapa jenis buah yang baik untuk kesehatan kulit:

PISANG
Pisang merupakan sumber zat besi, magnesium dan kalium. Pisang kaya akan vitamin A, B dan E sehingga berfungsi sebagai agen anti-penuaan.
 
Cara pemakaiannya : Tumbuk pisang sesuai kebutuhan, lalu oleskan di wajah.

LEMON
Lemon  mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit. Lemon juga bisa mengurangi bekas jerawat serta menghilangkan bintik-bintik gelap. Campuran lemon dan madu baik digunakan untuk pemutih alami pada wajah.

Caranya : Minumlah campuran segelas air hangat dengan satu sendok madu dan sedikit jus lemon. Atau dengan menggosokkan bagian dalam kulit lemon ke wajah, hindari area sekitar mata.

APEL
Apel memiliki manfaat yang tak terbantahkan. Apel mengandung zat antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel dan jaringan. Kandungan apel seperti lastin dan kolagen ternyata dapat membantu menjaga kulit awet muda.

Cara pemakaiannya : Campurkan apel tumbuk/parut, madu, air mawar dan oatmeal sebagai masker. Atau bila sulit mendapatkan air mawar dan oatmeal, cukup mencampurkan parutan apel bersama madu lalu oleskan sebagai masker.

JERUK
Jeruk kaya akan vitamin C yang meningkatkan tekstur kulit. Seperti apel, jeruk juga mengandung kolagen yang memperlambat proses penuaan kulit. Jeruk juga berfungsi untuk menyamarkan noda wajah.

Cara pemakaiannya : Gosok bagian dalam jeruk pada kulit untuk mengencangkan wajah. Jeruk dapat dikeringkan dan ditumbuk untuk digunakan sebagai scrub alami.

PEPAYA
Pepaya selain digunakan untuk melancarkan pencernaan juga mengandung enzim khusus yang disebut papain yang kaya akan antioksidan. Papain dapat membunuh sel-sel kulit mati dan mengangkat kotoran wajah.

Caranya dengan minum segelas susu pepaya atau lumatkan buah pepaya lalu oleskan ke wajah.

MANGGA
Buah lembut ini memiliki efek luar biasa pada kulit. Kaya vitamin A dan kaya antioksidan yang berfungsi melawan penyebab penuaan kulit. Mangga juga berfungsi meregenerasi kulit dan mengembalikan elastisitas kulit.

Caranya dengan melumatkan buah mangga campurkan dengan madu lalu oleskan ke wajah.

Selain dengan menjadikan buah-buah tersebut sebagai masker wajah, dapat juga dijadikan sebagai juice yang dapat diminum setiap hari dengan menambahkan madu tanpa gula tambahan.

Selamat mencoba.

Rabu, 08 Februari 2012

"CHRONICLE" of the "JOURNEY 2"

"CHRONICLE" and "JOURNEY 2", adalah 2 film boxoffice teranyar dan lagi ngetrend banget saat ini. Buat mereka-mereka yang selalu update dengan cinema 21 atau XXI, mungkin kedua film ini udah gak asing lagi. Dan sebelum nanti aku tonton film ini (karena belum nonton ke bioskop) kita ulas dulu sedikit tentang ke 2 film tersebut. yuk mari. . .

CHRONICLE

Film Chronicle, yang disutradarai oleh Josh Trank, menceritakan tentang tiga anak laki-laki yang mengunakan kekuatan super telekinesis ( memindahkan benda tanpa disentuh) dengan cara yang nakal. Selain itu, mereka juga mempunyai kemampuan untuk terbang dan memiliki sistem kekebalan setelah membuat penemuan luar biasa di sebuah kawah misterius. Dengan segera, mereka menemukan hidup mereka tak terkendali dimana persahabatan ketiganya mulai diuji.

Adalah Matt Garetty (Alex Russell) menemukan sebuah lubang misterius yang mengeluarkan suara aneh di sebuah lahan bekas fasilitas militer. Karena penasaran, Steve Montgomery (Michael B Yordania) nekat terjun ke dalam lubang, diikuti Matt. Melihat tindakan kedua temannya, mau tak mau Andrew Detmer (Dane DeHaan), yang semula cuma sibuk merekam aksi kawan-kawannya dengan kamera, terjun pula ke lubang itu. Di dalamnya mereka menemukan sebuah kristal raksasa yang bercahaya dan mengeluarkan suara keras. Kala batu kristal disentuh, tiba-tiba darah segar menetes dari hidung Steve. Sejak itu hidup para remaja tanggung itu pun berubah.

Seiring berjalannya waktu, semakin sering menggunakan kekuatannya itu semakin meningkat pula kekuatan pada diri ketiganya. Bahkan, mereka bisa melawan gaya gravitasi bumi dan terbang layaknya burung. Tapi, kekuatan besar melahirkan tanggung jawab besar. Itulah yang jadi titik masalah dari para remaja labil ini. Titik api konflik mulai tersulut ketika ayah Andrew, yang pengangguran, menghajar Andrew, karena anaknya telah menghabiskan uang hingga US$ 500 (Rp 4,5 juta) untuk membeli kamera video, padahal ibunya sedang sakit keras dan membutuhkan uang banyak. Andrew melawan hingga api kemarahan membakar dirinya. 

JOURNEY 2 : The Mysterious Island

Pernah nonton film Journey to the Center of the Earth (2008)? Film yang menampilkan Brander Fraser dan Josh Hutcherson mengenai petualangan Trevor (Fraser) dan Sean (Hutcherson) ke inti bumi dan menemukan “dunia lain” di sana. Nah, Journey 2 adalah sekuel dari film tersebut.

Di film ini, Sean tidak lagi berpetualang bersama pamannya, Trevor. Ia berkelana ke Palau lalu terbang mengitari Samudra Pasifik bersama ayah tirinya, Hank (Dwayne Johnson) dan dua pemandu wisata, Kailani (Vannesa Hudgens) dan Gabato (Luiz Guzman), untuk menemukan pulau misterius yang ia yakini bukan fiksi semata. Sean semakin meyakini keberadaan pulau tersebut setelah menerima pesan berkode dari orang tak dikenal yang memberikan petunjuk ke tiga buku fiksi, Treasure Island, Gulliver’s Travels, dan Mysterious Island. Bersama Hank, Kailani, dan Gabato, Sean menempuh badai dahsyat di atas Samudra Pasifik, mempertaruhkan nyawa mereka demi menemukan pulau yang masih diragukan keberadaannya demi menemukan kakek tercintanya, Alexander Anderson (Michael Caine).

Apa yang akan terjadi selanjutnya dari kedua film tersebut? Kita lihat saja selengkapnya di bioskop-bioskop kesayangan anda. :)

Senin, 06 Februari 2012

Ayyamul Baidh

Mungkin banyak orang yang tidak tahu dan bertanya-tanya apa itu ayyamul baidh. Ayyamul baidh bukanlah nama lain dari hari kiamat, ataupun nama hari raya dalam Islam, ayyamul baidh merupakan salah satu macam shaum sunnat yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW, dimana pelaksanaannya selama 3 hari setiap pertengahan bulan dalam tahun Hijriah, tepatnya setiap tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulan Hijriah.

Shaum sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ada banyak macamnya, seperti dalam sebuah hadits disebutkan :
". . . Umar bertanya lagi, wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum sehari dan berbuka sehari? Jawab Rasul, itu adalah shaumnya Nabi Daud as. Umar bertanya lagi, wahai Nabi Allah, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum pada hari Arofah? Jawab Nabi, shaum itu dapat menghapus (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Umar bertanya lagi, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum 3 hari setiap bulannya? Jawab Nabi, itu seperti shaum sepanjang masa. Umar bertanya lagi, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum pada hari 'Asyuro? Jawab Nabi, shaum itu dapat menghapus (dosa) selama setahun. Umar bertanya lagi, wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum pada hari Senin? Jawab Nabi, itu adalah hari aku dilahirkan dan hari aku mendapat wahyu untuk menjadi Nabi. "

Maka berdasarkan hadits tersebut benar adanya bahwa ayyamul baidh ini memang merupakan perintah shaum yang disunnatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilaksanakan seluruh umatnya. Dan tanggal 6 Februari 2012 ini, bertepatan pula dengan tanggal 13 Rabbiul awal 1433 H, sehingga bagi mereka yang mampu, disunnatkan untuk shaum selama 3 hari berturut-turut hingga tanggal 8 Februari 2012 nanti. Tentu saja ada pahala yang sudah Allah siapkan bagi mereka yang melaksanakannya, seperti yang disebutkan dalam hadits di atas, bahwa pahala bagi mereka yang shaum 3 hari setiap pertengahan bulan Hijriah adalah sama dengan shaum sepanjang masa. Maka bersyukurlah bagi mereka yang diberikan kesempatan untuk melaksanakan shaum ayyamul baidh ini. Semoga Allah melancarkan segala urusan dan rizky-Nya kepada kita semua. aamiin

Kamis, 02 Februari 2012

I Love You, Mamah

OMG, ampir aja lupa sama hari spesial ini. Yups, tepat ditanggal 2, bulan Februari 51 tahun yang lalu, mamahku tercinta dan tersayang dilahirkan. 51 tahun bukan usia yang muda lagi bukan, hehehe, tapi sepertinya mamahku yang satu ini masih bersemangat dan berjiwa muda saja. Tak pernah kenal lelah, dan tetap menikmati pekerjaannya sebagai Bidan selain tentu saja menjadi Ibu rumah tangga yang baik hati. :)
Mungkin gak ada hal spesial yang bisa aku berikan buat mamah, soalnya saat beberapa hari yang lalu aku bertanya apa keinginan mamah dariku, dia hanya menjawab "Mamah cuma pengen hati teteh aja.". Saat kalimat itu diucapkan, tentu saja pikiranku jadi aneh, mamah pengen hatiku, berarti aku harus mati dulu dong? Tapi tentu saja bukan itu maksudnya, dia hanya ingin agar aku lebih mendahulukan urusan keluarga dibanding yang lain. Lebih mengutamakan kebahagiaan kedua orangtuaku dibandingkan kebahagiaan lainnya. Karena benar adanya perkataan Rasulullah SAW, bahwa "surga di bawah telapak kaki ibu". Jika mamah meridhoi apa yang aku lakukan, maka kebahagiaan, kemudahan dan kelancaran pasti akan menyelimuti setiap urusanku, tapi jika mamah tidak meridhoinya, maka bersiaplah untuk hal buruk yang munkin akan menimpaku. Jadi saat mamah mengatakan seperti itu, aku sungguh terharu, tidak ada yang bisa menggantikan ketulusan hati seorang mamah.
Rumah Makan Manjabal, 6 September 2011
Janjiku untuk kebahagiaanmu sejak itu,
sejak aku mulai bernafas dengan kelegaan.
Janjiku untuk ketulusanmu saat itu,
saat aku mulai merasakan pengorbananmu.
Janjiku untuk selalu berada disampingmu waktu itu,
waktu aku mulai menangis di hangatnya pelukmu.
Janjiku untuk melindungimu setiap waktu,
setiap doa yang kau panjatkan untukku siang malam.
Janjiku untuk selalu mencintaimu sampai nanti,
sampai aku memejamkan mata bersama maafmu.
Untukmu mamah, aku berjanji dengan sepenuh hati,
aku anakmu mencintaimu dan berusaha menjadi yang terbaik bagimu.
Semoga Allah selalu melimpahkan segala Rahmat, Karunia, dan Rizky-Nya untukmu.
I Love U mamah...

Rabu, 01 Februari 2012

I Feel Sick

Menghabiskan waktu dengan bekerja daripada hanya menganggur saja di waktu liburan memang menyenangkan. Ada yang bisa dikerjakan dan dihasilkan dalam bentuk apapun itu. Maka disinilah aku, di tempat yang sebelumnya tidak pernah aku rencanakan di liburan semester tahun ini. Berangkat pagi pulang sore, terus berangkat lagi pulang malem, udah jadi kegiatanku sehari-hari, full sama pekerjaan-pekerjaan. Bahkan aku rasa jadwal terbangku sehari-hari udah melewati jadwal terbang mamahku sendiri. Oh pity me...
Sebenernya aku bahagia dengan semua pekerjaan yang aku kerjakan saat ini. Sayangnya kalau perkerjaan yang dijalani terlalu padat dan menguras banyak tenaga juga pikiran bahkan kadang hati juga dibawa-bawa, rasanya ingin berhenti saja melakukan segala aktifitas dan rutinitas ini. It will kill me sooner or later...
Kadang pikiran negatif itu memang hinggap di otakku saat kejenuhan melanda. Pengen pergi berlari menjauh dari kebiasaan-kebiasaan ini, tapi sepertinya gak bisa. Ini sudah menjadi tanggungjawab yang harus aku terima dan jalani. Maka aku tidak bisa lagi menolak. Hanya bisa berharap semoga ini adalah yang terbaik dalam hidupku. Hanya bisa dijalani walaupun sedikit demi sedikit, walaupun harus berjalan terseok-seok, walaupun harus membuang semua kebiasaan lainnya, aku harus menjalaninya.
Keyakinanku akan kekuatan diriku sendiri sedikit banyak membantu aku menjalankan segalanya. I just believe I can do anything. So I will do the best..
Maka saat aku sudah merasa sakit, merasa beban ini terlalu berat, aku akan tetap berusaha dan berjuang. Karena aku yakin dibalik segala kesulitan ini akan ada kebahagiaan besar dalam hidupku.

"Kekasih-Ku, aku menyerahkan segala titik dan koma hidupku hanya pada-Mu. Maka berikanlah kata-kata terbaik untuk merangkainya menjadi lebih indah."