Langsung ke konten utama

Beautiful Heart, Beautiful Morning

Cerita ini mungkin agak sedikit terlambat di posting, tapi apa daya karena koneksi yang gak stabil jadinya gak bisa di posting cepet-cepet.
Kali ini aku ingin bercerita tentang kebiasaanku dan keluarga di setiap minggu pagi yang tentunya selalu indah. Ada hal yang wajib dilakukan di tiap hari minggu ini, kebiasaan yang kalau terlewatkan membuatku merasa bersalah dan berhutang. Ada tempat yang wajib dikunjungi dalam rangka melakukan kebiasaan itu. Apakah kebiasaan itu? Dimanakah tempatnya?
Membludaknya para pendengar ceramah
Sebenarnya kebiasaan ini akan terdengar biasa saja, ya kebiasaan untuk mendengarkan ceramah pagi tentu saja tidak begitu spesial, sudah sangat sering dan lumrah. Tapi hal itu menjadi spesial bagiku karna aku bisa mendengarkan dan mendatangi langsung ke tempat ceramah itu. Belum lagi dengan disuguhi pemandangan yang berbeda dari acara ceramah lainnya membuatku lebih tertarik. Bahkan bukan suatu kebetulan lagi jika dalam acara ceramah itu aku sering bertemu dengan keluarga yang lain, yang belum tentu bertemu di hari-hari lain karna kesibukan masing-masing. Maka tak salah bila setiap datang ke acara ceramah pagi itu menjadi hal yang istimewa bagiku.
Alih fungsi Jalan Perintis Kemerdekaan
Pemandangan yang berbeda dalam setiap ceramah ini adalah kepadatan masyarakat yang mendengarkan ceramah di jalanan utama Viaduct atau Jl. Perintis Kemerdekaan. Kenapa jalanan? karena saking banyak dan membludaknya para pendengar sehingga jalanan tersebut dialih fungsikan untuk tempat duduk pendengar mulai dari pukul 06.00 hingga pukul 09.00 dengan kawalan dari para polisi tentu saja. Tak heran jika terkadang kemacetan terjadi di jalanan tersebut karena menyempitnya penggunaan jalan. Itulah hal yang berbeda dari ceramah-ceramah yang biasanya aku datangi. 

Kepadatan kendaraan menimbulkan kemacetan
Meskipun kemacetan kecil sering terjadi, tak ayal membuat para pendengar kabur dari ceramah itu. Justru  para pendengar semakin bertambah banyak saja setiap minggunya. Semoga walaupun dengan keadaan yang sedemikian rupa tak membuat niat dan amal baikku, keluargaku, maupun pendengar lainnya menjadi rusak dengan pandangan tajam dari para pengemudi yang merasa terganggu saat melintasi jalan tersebut.

hati ini disirami kelembutan asma-Mu,
hati ini meresapi setiap sabda-Mu dari kitab yang paling suci
hati ini terselimuti hangatnya sinar mentari pagi-Mu,
semoga pahalaku pagi ini tertuliskan indah dengan tinta emas dalam buku hidupku oleh para penjagaku, malaikat-Mu
Allah, kekasihku, terima kasih atas kesempatan-Mu

Komentar

Pos populer dari blog ini

OVERLOAD != 'Kelebihan beban'

Jika sebelumnya udah dijelasin secara singkat tentang PACKAGE != (artinya : tidak sama dengan) 'bungkus', maka kali ini aku akan menjelaskan tentang OVERLOAD yang juga != (tidak sama dengan) 'kelebihan beban'. Ya, selain PACKAGE, dalam perintah blok PL/SQL dikenal juga istilah OVERLOAD, yang berarti bagian dari package untuk pembuatan procedure dan function dengan nama yang sama tetapi parameter yang berbeda.
Ciri-ciri overload, diantaranya :
1. memiliki jumlah parameter yang dimiliki berbeda, maksudnya jika dalam sebuah package overload terdapat 2 perintah prosedure menggunakan nama prosedure yang sama berarti di harus memiliki jumlah parameter yang berbeda antara yang satu dan yang lain. Contoh : --Overload Specification : CREATE OR REPLACE PACKAGE coba1
IS
    PROCEDURE tulis(x number);
    PROCEDURE tulis(x number, y number);
END coba1;
/
--Overload Body:
CREATE OR REPLACE PACKAGE BODY coba1
IS
    PROCEDURE tulis(x number)
    IS
    BEGIN
        dbms_output.put_line(x);
    E…

Berawal Dari Keahliannya dalam PERTANIAN

Ini tentang ayahku H. Ir. Koswara, atau dia yang biasa dipanggil Pak Engkos. Ayahku seorang Sarjana Pertanian dan telah mengabdikan dirinya menjadi Pegawai Negeri Sipil sejak tamat kuliah hingga akhirnya beliau pensiun saat ini. Walaupun begitu, keahlian dan kebiasaannya di bidang pertanian tidak pensiun seperti pekerjaannya. Beliau masih terus mengembangkan ilmunya dalam bidang pertanian ini. Dan dengan berkolaborasi bersama teman lulusan Universitas Bandung Raya, beliau membangun sebuah perusahaan kecil bernama CV. SARIRAYA AGRO. Seiring berdirinya perusahaan tersebut, ayahku terjun langsung dalam penanaman umbi-umbian seperti kentang, sayur-sayuran, dan buah-buahan agar sekaligus dapat melihat perkembangan tanamannya menggunakan pupuk hasil perusahaannya itu. Hingga saat ini penyebaran pupuknya sudah mencapai wilayah Pangalengan, Cibeureum, Garut, Cianjur, bahkan Padang. 
Beberapa pupuk hasil produksinya, seperti :
BULBER BOOSTER B COR (UNTUK SAYUR DAN BUAH)
Kandungannya seperti …

Mengenal Oracle XE

Oracle XE (Express Edition) adalah sebuah produk database server yang berlisensi freeware dari Oracle Corporation. Dengan produk ini, para pemakai Oracle XE dapat menggunakannya tidak hanya untuk percobaan, tetapi juga dapat digunakan untuk pengembangan dan deployment sistem. Sampai saat ini, terdapat dua versi Oracle, yaitu Oracle 10g XE dan Oracle 11g R2 XE. Keduanya memberikan konsep antarmuka pemakai untuk pemakaian database yang berbeda serta sama-sama menggunakan teknologi Oracle Application Express untuk menyediakan layanan antarmuka pemakai berbasis web untuk mengatur dan memanfaatkan database Oracle XE. (Susanto, 2012)
Dalam Oracle 10g XE terdapat beberapa batasan yang perlu diperhatikan terkait dengan penggunaan sumber komputer. Pembatasan pertama adalah pemakaian ruang memori pada database Oracle 10g XE hanya dapat mengalamati sampai 1 GB RAM. Pembatasan ini akan mempengaruhi bagaimana pemakai dapat mengakses database secara bersamaan dan bagaiman kinerja yang diberikan ole…