Ayyamul Baidh

Mungkin banyak orang yang tidak tahu dan bertanya-tanya apa itu ayyamul baidh. Ayyamul baidh bukanlah nama lain dari hari kiamat, ataupun nama hari raya dalam Islam, ayyamul baidh merupakan salah satu macam shaum sunnat yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW, dimana pelaksanaannya selama 3 hari setiap pertengahan bulan dalam tahun Hijriah, tepatnya setiap tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulan Hijriah.

Shaum sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ada banyak macamnya, seperti dalam sebuah hadits disebutkan :
". . . Umar bertanya lagi, wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum sehari dan berbuka sehari? Jawab Rasul, itu adalah shaumnya Nabi Daud as. Umar bertanya lagi, wahai Nabi Allah, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum pada hari Arofah? Jawab Nabi, shaum itu dapat menghapus (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Umar bertanya lagi, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum 3 hari setiap bulannya? Jawab Nabi, itu seperti shaum sepanjang masa. Umar bertanya lagi, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum pada hari 'Asyuro? Jawab Nabi, shaum itu dapat menghapus (dosa) selama setahun. Umar bertanya lagi, wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang orang yang shaum pada hari Senin? Jawab Nabi, itu adalah hari aku dilahirkan dan hari aku mendapat wahyu untuk menjadi Nabi. "

Maka berdasarkan hadits tersebut benar adanya bahwa ayyamul baidh ini memang merupakan perintah shaum yang disunnatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilaksanakan seluruh umatnya. Dan tanggal 6 Februari 2012 ini, bertepatan pula dengan tanggal 13 Rabbiul awal 1433 H, sehingga bagi mereka yang mampu, disunnatkan untuk shaum selama 3 hari berturut-turut hingga tanggal 8 Februari 2012 nanti. Tentu saja ada pahala yang sudah Allah siapkan bagi mereka yang melaksanakannya, seperti yang disebutkan dalam hadits di atas, bahwa pahala bagi mereka yang shaum 3 hari setiap pertengahan bulan Hijriah adalah sama dengan shaum sepanjang masa. Maka bersyukurlah bagi mereka yang diberikan kesempatan untuk melaksanakan shaum ayyamul baidh ini. Semoga Allah melancarkan segala urusan dan rizky-Nya kepada kita semua. aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OVERLOAD != 'Kelebihan beban'

Berawal Dari Keahliannya dalam PERTANIAN

Special Day, Special Moment