Senin, 24 Oktober 2011

5 Alternatif Migrasi Data

     Migrasi data merupakan perpindahan data antar database developer dengan skema yang berbeda. Untuk melakukan migrasi data dari satu database developer ke database developer yang lain terdapat 5 alternatif cara dengan kelebihan beserta kekurangannya. Berikut ini konsep dari migrasi data tersebut :


  • SQL Dump
Perpindahan data menggunakan SQL Dump harus diakhiri dengan .sql. Di dalam SQL Dump terdapat syntaks DDL dan DML seperti halnya pada Oracle. Namun kekurangan dari SQL Dump ini yaitu tidak compatible dengan developer yang lain, artinya hanya dapat dipakai pada platform yang sama.
  • JDBC/ ODBC Driver
Untuk memindahkan data dengan JDBC/ ODBC driver, user harus memiliki installernya terlebih dahulu. Akan tetapi, setiap developer belum tentu terdapat drivernya masing-masing sehingga hal tersebut menjadi kekurangan dari JDBC/ ODBC driver itu sendiri.
  • CSV (Comma Separated Value)
Penggunaan CSV sendiri dalam pemindahan data merupakan yang paling sering digunakan, karena penggunaannya yang lebih mudah dan fleksibel, serta mampu menampung jumlah data yang cukup besar.
  • Custom Application
Pemindahan data menggunakan Custom Application ini terbilang mudah jika user mengerti bahasa coding, karena sebelum dapat memindahkan data sebelumnya user harus membuat coding-an sendiri.
  • 3rd Party Tools
Dalam melakukan perpindahan data dengan 3rd Party Tools dapat dibantu dengan menggunakan Oracle SQL Developer. Namun kekurangan dari 3rd Party Tools ini, penggunaannya harus bayar dengan membeli lisensinya terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar