Sabtu, 29 Oktober 2011

Be A Professional Writer

Setelah mengikuti seminar "Being International-Living, Studying, and Working Abroad", ada banyak hal baru yang aku dapatkan dan aku pelajari, apakah itu???
Itu adalah. . . :
  1. Cara bikin CV (Curriculum Vitae). CV yang efektif itu biasanya gak lebih dari 1-1,5 halaman. Personal Information yang sangat dibutuhkan juga umumnya hanya mencantumkan Nama, Alamat, Nomor Telephone, dan e-mail aja. Selanjutnya tambahkan beberapa informasi yang penting seperti:
    • Education, dasar pendidikan yang dicantumkan cukup pendidikan ketika kuliah aja, kecuali kalau kita pernah sekolah di daerah dengan culture dan bahasa(negara) yang berbeda, maka boleh dicantumkan agar lebih menonjolkan kelebihan kita.
    • Work History
    • Commission of Trust (keikutsertaan Organisasi)
    • Language Skills, kemampuan berbahasa itu sangat diperlukan dan saat hendak melamar kerja di dunia Internasional minimalnya kita sudah menguasai 3 bahasa yang berbeda.
    Finally, jangan lupa buat mencantumkan photo ukuran normal aja 3x4, tunjukkan keprofesional-an kita dengan photo itu. ^_^
    Klik http://www.4shared.com/document/vyBaGi-6/Template_CV.html buat tahu format pembuatan CV yang baik. monggo dicek..
  2. Pembuatan Resume/ CV dan mencari pekerjaan itu usahakan pernah dilakukan pas lagi kuliah, biar setelah lulus nanti gak perlu kaget lagi saat dipanggil interview.
  3. Sadari bakat kita dari awal, dan apa yang ingin kita lakukan nanti saat setelah lulus kuliah.

Dan setelah ikut seminar ini juga, ada 1 hal yang ingin aku lakukan, yaitu jadi Penulis, dimulai dari Blog ini, semoga selanjutnya aku bisa menulis untuk majalah atau koran.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar