Senin, 03 Oktober 2011

Hobby-Ku hanya "5 cm" didepan mata

Ga pernah berubah sama sekali, kebiasaan baca novel dari zamannya Tsanawiyah (SMP) sampe sekarang. Rasanya baca novel lebih seru dibandingkan ngerjain tugas-tugas kampus dan sekolah yang menumpuk disana-sini. Walaupun kadang emang didera bosen juga ceh, tapi apa mau dikata baru aja baca 1 halaman pertama, 2 halaman, 3 halaman, terus..terus..dan terus.. tau-taunya udah 2 jam berlalu. Sampe kadang lupa udah makan belum ya. Malah kadang tiba-tiba terbangun dari duduk atau selonjoran atau dari tengkurep kaya orang mau perang dan teriak "astagfirullah belom shalat dzuhur udah jam 3 kurang seperempat.." hehe. 
Kebiasaan emang akan selalu jadi kebiasaan, bisa dirubah tapi butuh waktu yang cukup lama. Dan baru akhir-akhir ini tertarik sama judul novel "5 cm" yang awalnya ngeliat dari covernya ceh kayanya ga seru. Coba aja liat covernya :


Nah kan, blacky gitu gimana mo bikin tertarik, ya kan?. Tapi kata2 pepatah emang selalu bener "jangan pernah melihat segala sesuatu cuma dari cover-nya aja". Karena ternyata setelah baca sedikit demi sedikit, luar biasa, amazing, menakjubkan banggetlah pokonya dari awal sampe akhir pengennya non stop tuh baca novel (tapi apa daya segala tugas menanti tuk dikerjakan). Ga bisa diungkapkan dengan kata2 lagi. Nilai persahabatan yang ga bisa diitung pake kalkulator canggih sekalipun, nilai2 perjuangan untuk meraih mimpi dan harapan, nilai-nilai cinta yang ga cuma buat keluarga, sahabat, pacar, tapi juga tanah air kita tercinta Indonesia.
Mengutip kata2 yang selalu diucapkan Zafran, Riani, Arial, Genta, dan Ian : "Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu..jangan menempel. Biarkan dia menggantung, mengambang, 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia ga akan pernah lepas dari mata kamu." Kata-kata yang luar biasa menginspirasi ku tentang adanya sebuah mimpi dan harapan yang bisa menjadi kenyataan.
Dan kata2 terakhir Adrian : "Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa memberikan manfaatnya bagi orang lain."

Belajar itu ga selalu didapat dari sekolah ataupun kampus, ya contohnya dari novel ini, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil. Sayangnya sebagian orang berpikir baca novel ga ada gunanya, ga ada untungnya buat kita. Iah, tergantung persepsi setiap orang memang. Tapi buat aku membaca novel adalah Hobby-ku hanya "5 cm" didepan mata yang bisa membantu mimpi dan harapanku menjadi nyata.
aamiin.

Bismillahirrahmanirrahim.. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar