Mengenal Oracle XE

Oracle XE (Express Edition) adalah sebuah produk database server yang berlisensi freeware dari Oracle Corporation. Dengan produk ini, para pemakai Oracle XE dapat menggunakannya tidak hanya untuk percobaan, tetapi juga dapat digunakan untuk pengembangan dan deployment sistem. Sampai saat ini, terdapat dua versi Oracle, yaitu Oracle 10g XE dan Oracle 11g R2 XE. Keduanya memberikan konsep antarmuka pemakai untuk pemakaian database yang berbeda serta sama-sama menggunakan teknologi Oracle Application Express untuk menyediakan layanan antarmuka pemakai berbasis web untuk mengatur dan memanfaatkan database Oracle XE. (Susanto, 2012)
Dalam Oracle 10g XE terdapat beberapa batasan yang perlu diperhatikan terkait dengan penggunaan sumber komputer. Pembatasan pertama adalah pemakaian ruang memori pada database Oracle 10g XE hanya dapat mengalamati sampai 1 GB RAM. Pembatasan ini akan mempengaruhi bagaimana pemakai dapat mengakses database secara bersamaan dan bagaiman kinerja yang diberikan oleh database Oracle 10g XE. Dengan kondisi Oracle 10g XE yang terpasang pada komputer Pentium IV dan 1 GB RAM, maka jumlah maksimum pemakai yang dapat membentuk sesi koneksi adalah kurang lebih 16 koneksi. Pembatasan kedua, Oracle 10g XE hanya akan menggunakan satu CPU. Oracle 10g XE akan berjalan pada sebuah computer multi-CPU, tapi hanya akan menggunakan satu CPU saja. Jika ingin memfungsikan multi-CPU dalam satu komputer, maka dibutuhkan Oracle Database Standard Edition atau Enterprise Edition. Batasan ketiga, database Oracle 10g XE hanya dapat berjalan secara tunggal di sembarang computer. Pemakai dapat menggunakan konsep skema untuk memisahkan satu aplikasi dengan aplikasi lain sehingga tidak memerlukan database untuk setiap aplikasi. Pembatasan yang terakhir adalah pembatasan ruang penyimpanannya hanya sampai 4 GB tidak boleh lebih, tapi pemakai dapat menghubungkan Application Express ke database lain untuk menambah ruang penyimpanan sesuai kebutuhan. (Susanto, 2012)
Beberapa kebutuhan yang harus diperhatikan saat akan menginstalasi Oracle 10g XE pada lingkungan Microsoft Windows, sebagai berikut:
  1. Random Access Memory (RAM) minimum adalah 256 MB (direkomendasikan 512 MB)
  2. Ruang penyimpanan minimal komponen server adalah 1,6 GB dan komponen client 75 MB (disarankan agar sistem file diformat menggunakan NTFS yang memiliki Access Control)
  3. Prosesor minimum adalah Intel (x86) Pentium 4
  4.  Sistem operasi minimum adalah Windows SP1 atau Windows Server 2003 atau Windows 2000 SP4
Sedangkan pada lingkungan Linux, kebutuhan computer yang harus dipersiapkan adalah, sebagai berikut:
  1. Random Access Memory (RAM) minimum adalah 256 MB (direkomendasikan 512 MB)
  2. Ruang penyimpanan minimal komponen server adalah 1,5 GB dan komponen client 100 MB
  3. Kebutuhan Swapfile (dalam MB): (a)  RAM antara 0 – 256, ukuran swap 3 x RAM (b) RAM antara 256 – 512, ukuran swap 2 x RAM (c) RAM antara 512 – 1024, ukuran swap 1024 M
  4. Prosesor minimum adalah Intel (x86) Pentium 4
  5. Paket program yang harus terpasang, antara lain:
  • Distro Linux:
  • Glibc – 2.3.2
  • Libaio – 0.3.96 (Susanto, 2012)
Sumber : Susanto, B. (2012). Membangun Sistem Basis Data dengan Oracle XE. Yogyakarta: Andi .

Komentar

  1. Oracle XE itu tidak perlu license kan?
    Kalo digunakan untuk proyek kecil2an bisa gak yah mas bor?...
    makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Resep Bunda Catering Bandung

Berawal Dari Keahliannya dalam PERTANIAN

OVERLOAD != 'Kelebihan beban'